Gagasan

Tulislah What’s Strong? Bukan What’s Wrong?

SAHABAT Saya Dian Sjarief adalah penyandang lupus. Tapi di tengah “kekurangan”-nya itu dia memiliki energi luar biasa. Setelah lama mengurung diri, Dian akhirnya bisa membalik keadaan. Dia menerima takdirnya sebagai penyandang auto-imun itu. Mantan pejabat bank itu kemudian membentuk Yayasan Syamsi Dhuha yang bergerak memperjuangkan hak-hak sesama penyandang lupus. Beruntung, saya ikut membantu Syamsi Dhuha, walaupun cuma jadi editor buku, pelatihan menulis, atau jadi juri lomba-lomba yang diadakan yayasan itu.

Read More
Gagasan

Digitisasi, Digitalisasi, dan Transformasi Digital: Ada di Fase Mana Perusahaan Media Kita?

Di era disrupsi ini, para pakar Teknologi Informasi melempar tiga konsep utama tentang perkembangan dunia usaha di era digital. Ketiga hal tersebut adalah digitisasi, digitalisasi, dan transformasi digital.

Read More
Featured

Kang T Bachtiar: Sang Penulis, Sang Guru Bumi.

MINGGU pagi yang cerah, saya gunakan waktu untuk membaca buku “Toponimi: Susur Galur Nama Tempat di Jawa Barat.¬† Penulisnya Kang Titi Bachtiar. Kang Bachtiar mengirim buku ini kepada saya pekan lalu ke kantor. Toponimi adalah telaah mengenai asal-usul penamaan sebuah tempat.

Read More
Featured

Komunikasi Laba-laba Aqua Dwipayana

  SENIN dan Selasa (11-12 November) saya menemani sahabat lama¬† Aqua Dwipayana. Tokoh ini dikenal sebagai pakar komunikasi dan motivator papan atas Indonesia. Rumah Amal Salman ITB meminta bantuan saya untuk mengundang Aqua agar memberikan motivasi kepada para Amil Muda (istilah Salman untuk para fundraiser muda) agar agresif mencari dana zakat, infak, sadaqah dan wakaf. […]

Read More
Gagasan

Marketplace dan Aplikasi Filantropis Menggerus Media Massa

Sebelum ada internet, media massa merajai bisnis informasi. Semua orang menunggu kedatangan koran pagi, mendengarkan siaran berita di radio dan televisi. Semakin akurat dan berbobot sebuah media, maka semakin kuat pengaruhnya di masyarakat. Pengaruh yang kuat ini kemudian menjadi modal kuat untuk bisnis dan kegiatan sosial.

Read More
Featured
Kabar

Citizen Reporter Pertama PRFM adalah Tukang Becak

TANGGAL 8 November 2019 adalah hari ulang tahun ke-10 Radio PRFM 107.5. Terakhir, radio ini bernama Mustika FM, radio khusus perempuan. Tahun 2007, Pikiran Rakyat membentuk tim konvergensi digital. Direktur Perdana Alamsyah menunjuk saya sebagai ketua tim. Salah satu tugasnya, mengkonvergensikan semua media di lingkungan Pikiran Rakyat, termasuk rado Mustika.

Read More
Featured

Serunya Membakar Spirit Mahasiswa ITB Menjadi Intelektual Publik

Paling senang bila ada mahasiswa ingin berbagi ilmu dengan publik. Sudah lebih dari satu dekade saya berkampanye tentang perlunya intelektual kampus menjadi intelektual publik. Mereka belajar di perguruan tinggi itu disubsidi uang rakyat. Jadi sudah selayaknya para mahasiswa ini mempertanggungjawabkan capaiannya kepada publik.

Read More
Featured

Media dan Pemberdayaan: Membangun dengan Visi Kosmologi Desa

SABTU (2/11/2019) saya diminta Ahda Imran, penyair sahabat saya, untuk berbicara soal peran media dalam pemberdayaan. Profesi saya sebagai wartawan dan aktivitas saya di Yayasan Odesa Indonesia (Odesa.id) menyebabkan banyak undangan untuk menjelaskan dua hal ini.

Read More
Gagasan

Jangan Kasih Anak Ayam, Tantang Anak Bandung Lomba Video.

WALI kota Bandung Mang Oded mempunyai ide untuk membagi-bagikan anak ayam kepada anak-anak di Kota bandung agar tidak kecanduan gadget. Ide ini berawal dari keresahan Oded atas berita semakin banyak anak di Kota Bandung yang jadi pasien rumah sakit jiwa (RSJ) karena kecanduan gadget. Anak-anak diharapkan bisa memelihara anak ayam itu sampai besar, dan Pemkot […]

Read More
Gagasan

Manusia adalah Keturunan Monyet, ataukah Monyet Keturunan Manusia? Seni Berpikir Lateral Dalam Menulis

COBALAH sekarang Anda angkat tangan. Bayangkan Anda sedang memegang pulpen, crayon, pinsil warna atau apa pun. Gerakkan tangan Anda seolah-olah sedang menggambar pemandangan.

Read More